Jumat, 21 Desember 2012

Test Drive - Suzuki Ertiga 1.4 GX MT

Small MPV Rasa Sedan
Suzuki Ertiga merupakan pilihan pas bagi Anda keluarga yang ingin memiliki MPV dengan harga terjangkau, namun dibekali dengan fitur keselamatan dan interior senyaman sedan mini.

Carmall.com - Minggu kedua Oktober 2012 lalu, CarMall.com diberi kesempatan untuk mencicipi mobil Ertiga, MPV terbaru Suzuki yang merupakan pesaing terberat duet Avanza-Xenia. Sekedar menyegarkan memori Anda, Ertiga hadir dalam tiga tipe yakni GS, GL dan GX.

Saat sesi tes tim CarMall.com menggunakan Ertiga GX tipe tertinggi seharga Rp 167 juta, berkapasitas 1,4-liter, berbekal fitur unggulan dua titik airbag (pengemudi dan penumpang depan) dan rem ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution).

Tes dilakukan dengan cara pemakaian normal dalam kota Jakarta menggunakan bahan bakar bensin non subsidi. Pokoknya Ertiga digunakan sebagai kendaraan yang menemani rutinitas penulis selama beberapa hari. Termasuk dalam kondisi lalu lintas macet dan lengangnya tol lingkar dalam Jakarta pada malam hari.

Sedikit mengingat ke belakang, Suzuki Ertiga lahir secara resmi di dunia saat kemunculan perdananya pada ajang New Delhi Auto Expo 2012 (Januari 12) lalu berlanjut ke Indonesia (22/04/12). Awal kedatangan Ertiga di Indonesia memang dipersiapkan untuk "mengacak-acak" pasar small MPV yang sebelumnya dikuasai Avanza-Xenia.

Dengan masuknya Ertiga, walaupun terbilang agak telat, setidaknya sekarang konsumen telah memiliki pilihan baru untuk varian small MPV. Dengan harga lebih terjangkau, fitur keselamatan mumpuni dan kualitas interior, serta kenyamanan yang menantang, saya berpendapat Ertiga akan menjadi andalan baru untuk keluarga cerdas yang mendambakan MPV dengan harga terjangkau dan fitur maksimal.

Walau patut disayangkan pada ketiga varian Suzuki Ertiga saat ini belum satupun ada yang dibekali transmisi matik (M/T) dan fitur AC double blower yang bisa menjadi sangat penting untuk menunjang kenyamanan jika kendaraan seven seater ini terisi penuh.

Eksterior

Desain Ertiga terbilang modern, kesan elegan dan stylish terpancar dari garis bodi yang mempertemukan sudut lampu utama dan belakang.

Desain Ertiga modern, elegan dan stylish dengan garis bodi mempertemukan sudut lampu utama dan belakang

Jika diperhatikan garis terang tanah (ground clearance) Ertiga terlihat rendah, hal ini akan memberikan keuntungan lebih pada nilai aerodinamika. Ini terbukti menjadi salah satu faktor ketika tim CarMall.com ngegas, Ertiga pada kecepatan 140 km/jam mobil tidak limbung.


Desain grille yang berbentuk "V" dan menyambung dengan garis bemper hingga kap mesin, berkesan elegan. Selain itu fitur fog lamp juga menambah rasa aman jika mobil ini harus dikendarai saat hujan bersama keluarga.

Interior

Gak sabar rasanya untuk duduk pada kabin kemudi. Ternyata pancaran kemewahan Ertiga berlanjut pada desain interior kabin. Warna two tone abu-abu dan coklat muda pada dashboard memberi kesan mewah dan tidak membosankan. Juga pada stir terdapat tombol untuk mengatur channel dan volume head unit yang bisa memutar MP3, CD dan radio.

Warna two tone abu-abu dan coklat muda pada dashboard memberi kesan mewah dan tidak membosankan

Setelah saya duduk di kabin kemudi, ternyata saat menutup pintu harus memerlukan tenaga lebih untuk menutup pintu Ertiga. Namun hal itu terbayar dengan redaman suara dari luar yang cukup baik dari rival terberatnya.

Kursi baris kedua cukup lega untuk menampung dua orang dewasa, namun tetap bisa mengakomodir kebutuhan tiga penumpang

Sebelum lanjut menghidupkan saya mencoba cari posisi duduk untuk mendapatkan sudut pandang ternyaman. Dengan cara memaju mundurkan kursi dan berlanjut mencoba fitur tilt steering yang bisa dinaik-turunkan sesuai dengan postur badan.
Telah dilengkapi dengan fitur tilt steering yang membantu pengemudi untuk mengatur posisi tinggi rendah setir kemudi

Saatnya kunci diputar ke posisi on, suara mesin terdengar halus dan tidak bising di kabin kemudi begitupun dengan AC cukup sejuk menempati ruang kemudi. Oh iya, untuk sistem kuncinya, Ertiga menggunakan sistem keamanan immobilizer, sistem ini membuat mobil tidak akan menyala jika tidak dengan kunci asli. Setidaknya ini juga menjadi nilai plus karena adanya sistem pengamanan lebih yang diberikan pabrikan dari resiko kecurian.

Performa

Ertiga memiliki mesin berkode K14B yang cukup responsif dan bertenaga. Enggak pakai menunggu lama untuk mencoba Ertiga berlari di jalur tol lingkar dalam Jakarta. Performa mesin 4 silinder segaris, 1,4-liter, DOHC 16 katup ini begitu mempesona. Hampir setiap perpindahan gigi pada Ertiga minim hentakan dan tenaga yang disemburkan juga merata di setiap putaran. Aerodinamika Ertiga diuji ketika pedal gas saya injak hingga kecepatan 140 km/jam, mobil tetap tidak limbung dan masih mudah dikendalikan.

Mesin berkode K14B 1,4-liter DOHC 16 katup cukup responsif dan bertenaga
 


Begitupun dengan kondisi jalan macet, saat kopling diinjak terasa empuk perpindahan gigi satu ke dua pada rpm rendah terasa nyaman tanpa hentakan.

Perpindahan gigi transmisi mudah dan tanpa hentakan, sehingga nyaman dioperasikan dalam kondisi jalan macet
Kesimpulan

Suzuki Ertiga merupakan pilihan pas bagi Anda keluarga yang ingin memiliki MPV dengan harga terjangkau, namun dibekali dengan fitur keselamatan dan interior senyaman sedan mini. Terlebih kinerja mesin Ertiga terhitung responsif di kelasnya, namun hemat bahan bakar, sehingga menambah nilai tambah Ertiga sebagai pilihan mobil keluarga.
«

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berikan tanggapan tentang artikel yang sudah anda baca. Terimakasih, bila anda menyampaikan kritik, karena kritik, membuat blog ini menjadi lebih baik.