Selasa, 27 November 2012

Adu irit All-New Ford Ranger

Kamis 22 November 2012 langit Jakarta dan sekitarnya masih gelap, kala kru CarMall.com meninggalkan tempat kediaman di bilangan Selatan Jakarta. Yup, masih sekitar pukul empat dinihari dan jalanan pun masih basah akibat hujan deras malam harinya, namun sebuah taksi BlueBird sudah setia menanti sejak 15 menit lalu. Hmm, kok ceritanya kayak cerpen yah…

Nup, hari itu CarMall.com menerima tantangan PT Ford Motor Indonesia bersama 23 Jurnalis otomotif lain dari 24 media berbeda, untuk berkompetisi pada kegiatan "All-New Ranger Fuel Efficienty Challenge". Enam buah All New Ford Ranger 2.2L XLT (4x4) MT yang telah disegel sedemikian rupa oleh tim Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) - BPPT siap menjadi tunggangan 24 Jurnalis undangan yang terbagi ke dalam 6 tim.

"Ya, kami sengaja memilih lokasi starting poin di kantor Badan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan berakhir di kantor Badan Otoritas Pelabuhan Tanjung Mas - Semarang, agar sesuai dengan karakter All-New Ford Ranger," ungkap Lea Kartika Indra, Direktur Komunikasi PT Ford Motor Indonesia.

All-New Ranger Fuel Efficiency ChallengeKompetisi adu irit varian double cab terbaru dari Ford ini kabarnya merupakan agenda dari brand Amerika ini untuk Media dan Jurnalis otomotif di kawasan ASEAN, dimana pada dua negara lain yakni Thailand dan Filipina telah dilaksanakan lebih dahulu, dengan level keiritan masing - masing yakni 20,82 km/liter (Thailand) dan 19,44 km/liter (Filipina).

CarMall.com sendiri berada di varian All New Ford Ranger 2.2L XLT berwarna hitam dengan nomor peserta enam.

Stopping Point
pertama adalah menuju Restoran Pringsewu di kawasan Indramayu - Jawa Barat dengan jarak tempuh 164 km. Persepsi pertama, torsi
berlimpah 375 Nm dan teknologi transmisi enam percepatan menjadi referensi baru bagi CarMall.com, setelah sempat mengujinya pada awal Oktober lalu (baca di sini).

Poin yang ingin disampaikan adalah pengemudi dapat memindahkan transmisi pada putaran mesin 1.500 rpm. Dan sebaiknya Anda percaya, jika pada posisi gigi enam jarum indikator speedometer sudah dapat statis di kecepatan 80 km/jam pada 1.500 rpm. Artinya batas kecepatan maksimal di jalan tol dapat dicapai pada rpm rendah, yang berarti efisien.

Terlepas dari impresi pertama itu, enam mobil team peserta yang dilepas dari kawasan Tanjung Priok menuju Tanjung Mas diharuskan menempuh rute
sekitar 500 km, dengan tugas membukukan angka keiritan terbaik. Sebagian peserta memang ada yang tidak sabar dan tetap menginjak pedal gas dalam, mengingat jarak perjalanan yang cukup panjang. Belum lagi tantangan melintasi beberapa titik jalan yang kurang mulus dan kemacetan.

Meski demikian, konsumsi BBM dari peserta yang kehilangan kesabaran tersebut tetaplah mencegangkan, karena membukukan angka 12,973 km/liter dengan jarak tempuh total 504 km dalam waktu efektif 11,18 jam dan kecepatan rata - rata 45,07 km/liter.

Lalu berapa angka konsumsi teririt? Peserta dengan nomor start "1" berhasil membukukan angka konsumsi 15,805 km/liter dengan total jarak tempuh 486
km dalam waktu efektif 10,68 jam dan kecepatan rata - rata 45,49 km/jam. Bagaimana dengan CarMall.com? Yup, kami cukup puas berada di posisi tiga besar dengan konsumsi BBM 14,416 km/liter dengan jarak tempuh 486 km dalam waktu efektif 10,67 jam dan kecepatan rata - rata 45,84 km/jam.

Uniknya prosesi penyerahan hadiah 3 besar pada tanggal 23 November 2012 di Café KoenoKoeni di area Candi - Semarang, disertai dengan perayaan ulang tahun orang nomor satu PT Ford Motor Indonesia yakni Bagus Susanto selaku Managing Director.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berikan tanggapan tentang artikel yang sudah anda baca. Terimakasih, bila anda menyampaikan kritik, karena kritik, membuat blog ini menjadi lebih baik.