Selasa, 27 November 2012

Test Drive - New Peugeot 308

Medium Hatchback untuk Driver Enthusiast Sejati
Jika Anda mencari medium hatchback dengan sensasi berkendara yang impresif, maka New Peugeot 308 sangat layak dijadikan pilihan. Simak ulasan CarMall.com berikut...

Segmen medium hatchback premium di Indonesia semakin ramai, setelah Peugeot menghadirkan varian terbaru New Peugeot 308. Medium hatchback berlambang 'Singa' ini sendiri disebut menghadirkan beberapa keunggulan di antaranya desain lebih modern dan dinamis, serta asupan mesin terbaru EP6CDT Turbo 1,6-Liter.

Image Perancis yang identik dengan fesyen juga sangat nampak pada desain eksteriornya. Meski minim lekukan garis, namun tetap terlihat anggun

Ya, aplikasi perangkat forced induction (baca: turbocharged) sudah cukup menaikkan antusiasme saya, untuk sesegera mungkin berada di balik kemudi new PUG seharga Rp 360 juta (off the road Jakarta) ini.

Eksterior

Penyegaran pada desain bemper dan grille lebih muscular memberikan impresi, jika medium hatchback ini pas sebagai pilihan kaum urban yang menginginkan kendaraan berdesain ekspresif dan tegas.

Impresi ini juga semakin diperkuat dengan sentuhan desain di bagian buritan, melalui desain bumper belakang yang muscular, serta desain diffuser belakang yang sporty dengan aksen warna berbeda dan imbuhan aksen chrome.

Interior

Dengan dimensi sebagai medium hatchback, volume ruang mestinya tidak menjadi masalah.

Pengemudi dan penumpang depan berukuran rata-rata orang dewasa, seperti test driver CarMall.com yang berproporsi 173 cm / 63 kg, akan dimanjakan oleh ruang kaki, ruang bahu dan ruang kepala yang terhitung lega. Sebaliknya, ruang di kabin belakang sedikit pas jika diisi oleh tiga penumpang.

Desain minimalis dan simpel pada dashboard PUG 308 menghadirkan kesan mobil ini nyaman dan mudah untuk dikendarai

Desain dashboard yang terkesan simple dan bersih juga semakin menegaskan jika New Peugeot 308 lebih berorientasi pada driver yang lebih mengedepankan kesan dinamis.
 


Saya juga berusaha memahami pesan dari desainer New Peugeot 308 soal mengapa fitur pengaturan kursi seluruhnya masih manual, meski telah dilengkapi dengan fitur lumbar support (pendukung kenyamanan punggung) dan tilt/telescopic steering.

Selain terkait efisiensi biaya yang berhubungan dengan posisi harga ke konsumen, saya beranggapan jika interiornya lebih untuk menghadirkan sugesti kesenangan mengemudi, dibanding kesibukan untuk jumlah fitur canggih di interiornya, seperti electric seat dan kontrol audio di kolom setir.

Aplikasi fitur panoramic roof bisa membuat semakin "dekat" dengan alam kapan saja, kalau tidak tinggal klik untuk menutupnya

Oh iya, ada satu bagian interior kabin yang menjadi pesona khusus dari new PUG 308 yakni desain baru panoramic roof yang memanjang dari posisi windshield hingga nyaris sejajar dengan pilar-C.

Fitur satu ini juga dilengkapi fitur electric shutter blind. Artinya jika Anda tidak ingin tampilan atap transparan, cukup mencungkil tuas yang berada di konsol tengah (di belakang tuas transmisi).

Desain ventilasi pendingin udara dengan model bulat semakin menegaskan kesan sporti yang ada pada PUG 308

Jika Anda mendambakan sebuah sedan dengan ukuran mid-size tanpa kompartemen bagasi, new PUG 308 layak dikedepankan. Apalagi jika Anda mencari diferensiasi kendaraan medium hatchback asal Eropa non Jerman.
Performa

Responsivitas momen puntir atau torsi dari new PUG 308 sudah bisa didapatkan dari putaran mesin rendah. Artinya data output torsi 240 Nm pada putaran mesin 1.400 rpm versi pabrikan tidak perlu dibuktikan lagi, engineer Peugeot terbukti sangat jujur soal ini.

Meski varian test drive kali ini berkelir "Bianca White", kesan 'beast'nya tidak dapat dipungkiri. Aplikasi perangkat forced induction juga semakin menegaskan jika New Peugeot 308 adalah "hadiah" yang tepat buat Anda driver enthusiast sejati yang mengedepankan faktor sensasi berkendara. Output torsi berlimpah juga sangat cocok dengan kebutuhan berkendara dalam kota yang identik dengan kondisi stop and go.

Bagaimana dengan sensasi berkendara luar kota? Setir pun diarahkan ke arah luar kota jarak menengah menuju rute tol Jagorawi ke arah Bogor. Meski berpenggerak roda depan, saya tidak merasakan karakter understeer di tikungan. Terlebih didukung kinerja suspensinya yang terhitung medium sporty.

Desain panel instrumennya yang agresif dan sporti semakin menaikkan semangat dan antusiasme berkendara

Pun demikian di jalan lurus. Output tenaga 156 hp / 5.800 rpm pada roda depan lebih dari cukup buat kebutuhan speedgoers di kelas mesinnya. Jika ini belum cukup menggambarkan level antusiasmenya, jangan heran jika Anda tidak menyadari jika jarum speedometer tiba-tiba sudah pada angka 170 km/jam. Selain didukung desain kabin yang lumayan senyap, suplai tenaga melalui transmisi enam percepatan otomatisnya juga berlangsung mulus.
 

Jika masih belum cukup juga Anda bisa menggerakkan tuas transmisi ke arah kiri untuk mendapatkan sensasi fitur manumatik-nya. Namun menurut kami, akselerasi pada posisi "D" sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan harian.

Kesimpulan

Selain keunggulan pada mesin 1,6-liter yang dilengkapi turbo, level keamanan pada New Peugeot 308 terhitung mumpuni.

Level keamanan sempurna, rating lima bintang dari Euro NCAP jadi buktinya
Sertifikasi lima bintang (skor maksimum) dari Euro NCAP, lembaga independen di Eropa yang menguji level keselamatan kendaraan di Eropa cukup menjadi representasi penjelasan, bagaimana proteksi maksimum dari kinerja sistem pengereman ABS, EBD dan EBA, serta fitur ESP, empat smart airbag, engine immobilizer, sensor parkir belakang, front seat belt dengan force limiting pre-tensioner serta pedestrian impact.

Dalam perspekstif saya, jika Anda seorang driver enthusiast yang tengah mencari hot hatch dengan impresi ala speedgoers, memiliki desain yang ekspresif, serta didukung sistem keamanan tinggi, nama New Peugeot 308 layak mengemuka

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berikan tanggapan tentang artikel yang sudah anda baca. Terimakasih, bila anda menyampaikan kritik, karena kritik, membuat blog ini menjadi lebih baik.